Latest News

'

Surat Pastor Paroki Teknis Lanjutan Sinode

Berikut ini disampaikan surat Pastor Paroki tentang Pelaksanaan teknis Sinode Diosesan Purwokerto untuk Paroki HKY Tegal

KEUSKUPAN PURWOKERTO
    PAROKI  HATI KUDUS YESUS TEGAL
   Jl Kapten Ismail 128 Tegal 52115  telp 0283 - 353125

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

No       : 20 /PP-HKY/IV/2020                                                          
Hal      : 


TEKNIS KELANJUTAN SINODE DIOSESAN PURWOKERTO 2020

Kepada Ytk.
Umat Hati Kudus Yesus Tegal

Berkah Dalem,
            Seiring dengan perkembangan bersama dalam bencana kemanusiaan berupa wabah corona ini, Gereja menghentikan atau menunda berbagai kegiatan menggereja baik peribadatan (perayaan ekaristi) maupun perkumpulan-perkumpulan baik latihan-latihan atau pertemuan lingkungan dan kelompok  kategorial maupun pembinaan yang mengumpulkan masa.  Kegiatan Pendalaman iman dan Refleksi SINODE Diosesan yang mestinya selesai pada masa prapaskah harus ditunda.
            Bapa Uskup, melalui Panitia Sinode Diosesan telah memberikan himbauan agar Sinode tetap berjalan. Proses Pendalaman Iman dan Refleksi dilanjutkan tanpa dilakukan dalam pertemuan bersama. Sinode yang sejatinya berarti berjalan bersama untuk menegaskan arah memiliki dua arus pokok refleksi. Pertama menghidupi panggilan yang diolah dengan melihat dan mensyukuri sejarah kekatolikan masing-masing atau "jati diri sebagai orang kristiani" dan kebanggaan sebagai orang Katolik. Pokok refleksi bersama ini menjadi bahan pendalaman 1 dan 2 yang dalam motto disebut "Menghidupi Panggilan".
Kedua, arus gerak keluar dalam penghayatan nilai-nilai kehidupan di tengah masyarakat dan kepedulian pada kehidupan berbangsa dan bernegara terutama dalam mewujudkan semangat adil dan beradab.  Alur refleksi ini menjadi topik 3  yaitu "Dialog Iman dalam Kehidupan" dan topik 4 yaitu "Menggarami Masyarakat Menjadi Adil dan Beradab". Atas pengalaman bencana kemanusiaan wabah corona ini, umat beriman malah semakin menemukan perutusannya sebagai murid-murid Yesus. Misalnya dengan berbagai kerjasama yang dilakukan, kepedulian terhadap yang terdampak, dsb. Refleksi atas pengalaman situasi terakhir ini justru lebih membuat orang makin memaknai iman sehingga makin mewarnai kehidupan.
Atas ajakan melanjutkan Sinode Diosesan ini, maka saya ajak umat untuk:
1.   Melanjutkan refleksi dan pendalaman Sinode dengan menggunakan bahan 3 dan 4. Pada tanggal sampai 16 Mei kesempatan bagi umat untuk membuat refleksi dengan memberikan jawaban dan sharing pengalaman iman tentang bagaimana menjalani dialog iman di tengah kehidupan.  Pertanyaan atas tema ini diberikan jawaban melalui grup WA lingkungan. Masing-masing lingkungan menentukan waktu bersama untuk "berkumpul secara on-line" dan umat dapat terlibat dalam menyampaikan sharing tertulis melalui grup WA lingkungan masing-masing. Setelah selesai maka hasil tanggapan dari umat lingkungan dalam grup WA tsb dikirimkan oleh notulis/ penanggungjawab ke sekretariat sinode paroki HKY. Sedangkan untuk topik ke-4 dilaksanakan antara tgl 18 - 30 Mei .Tata cara yang sama dilakukan demikian. Bahan yang digunakan adalah buku Pertemuan 3 dan 4. Umat dapat menggunakan buku tsb sebagai acuan atau nanti akan dikirimkan pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut untuk pertemuan dari panitia Sinode HKY.
2.  Tetap berpartisipasi dalam Questioner Sinode bagi yang BELUM berpartisipasi dalam pengisian Questioner tersebut. Sampai pada Minggu 17 Mei ada diberitahukan link- pengisian tersebut. Para ketua lingkungan diharapkan melanjutkan link pengisian kepada umat lingkungan dan dilakukan berulang2 sampai tanggal 17 Mei agar yang belum mengisi segera mengisinya.
3.  Berpartisipasi dalam refleksi Sinode bagi yang TIDAK berkesempatan dalam dinamika grup lingkungan atau bagi umat lingkungan yang telah selesai melakukan pendalaman Sinode (APP) dan terpanggil untuk berbagi pengalamannya. Partisipasi dalam proses ini dapat melalui pengisian di link (googleform) yang akan diinformasikan melalui media lingkungan, kategorial dan paroki.
            Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh umat yang telah berpartisipasi dalam refleksi Sinode selama ini. Hasil rekap refleksi sudah direkap dan akan segera dikirimkan ke Keuskupan. Panitia Sinode Paroki HKY akan memberikan beberapa keterangan sehubungan dengan pertanyaan dan informasi kegiatan lain.
            Saya juga berharap bahwa situasi kemanusiaan ini semakin menguatkan iman kita juga jalinan hidup persekutuan kita. Apa yang kita laksanakan dengan melanjutkan proses sinode ini hendaknya kita sikapi sebagai kesempatan untuk berbagi pengalaman sebagaimana para murid dengan sukacita berbagai kebangkitan Yesus. Tentu apa yang hendak kita kerjakan ini bukan bertujuan memenuhi target pertemuan atau dilakukan tidaknya SINODE.  Kegembiraan kita bersama sebagai umat yang langsung berada dalam situasi wabah ini menjadikan kita "garam dan terang dunia". Semoga Tuhan senantiasa memberkati kita. Selamat melanjutkan.  


Tegal, 8  2020 Mei

Ag Dwiyantoro
Pastor Paroki HKY Tegal 

No comments