Latest News

'

Surat Pastor Paroki seputar Perayaan Pekan Suci di Paroki HKY


          Berikut ini adalah surat pastor paroki seputar perayaan Pekan Suci di Paroki HKY Tegal. Surat bernomor 12/PP-HKY/IV/2020 ini ditujukan kepada umat untuk mempersiapkan diri dalam menyambut perayaan Minggu Palma dan Tri Hari Suci. 


Kepada
Ytk Umat Paroki Hati Kudus Yesus Tegal
di tempat


Berkah Dalem,

            Perayaan Pekan Suci kali ini terasa istimewa sebab kita bersama merayakannya tidak dengan perjumaan secara fisik. Kita merayakan dalam kesatuan hati karena intensi yang lahir dari kerinduan yang mendalam untuk merayakan pekan suci. Hal ini terjadi karena kita sedang berada dalam situasi darurat wabah coronavirus jenis baru.
            Bapak Uskup Mgr Christophorus Tri harsono telah menyampaikan ketentuan perayaan  pekan suci dan Paska melalui surat no 013/EP/2020. Ketentuan itu disampaikan dengan mengikuti dekrit Konggregasi Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen, no 153/20 tanggal 19 Maret 2020 tentang Perayaan Pekan Suci di masa Covid-19 dan juga menegaskan apa yang disampaikan sebelumnya tentang situasi darurat peribadatan Gereja mulai tanggal 25 Maret sd 30 April dengan no 012/EP/2020.
            Melalui surat ini, saya sampaikan kembali ketentuan-ketentuan tersebut dan penerapannya untuk situasi paroki Hati Kudus Yesus Tegal. Ketentuan ini menyangkut hal-hal umum dan hal-hal khusus.

Ketentuan Umum:
1.      Perayaan Pekan Suci dirayakan di gereja Katedral dan di gereja paroki tanpa kehadiran umat. Umat yang tidak hadir secara fisik ini menyatukan hati dengan perayaan Pekan Suci melalui berbagai cara misalnya melalui media sosial video live streaming, radio dan televisi.
1.1.    Umat merayakan pekan suci dengan kesepakatan bersama dalam keluarga atau secara pribadi dengan menentukan terlebih dahulu waktu atau jadual perayaan yang akan diikutinya. Penentuan ini akan membantu persiapan batin sehingga bisa memiliki intensi hati. Juga membantu persiapan fisik seperti keperluan tempat dan pakaian yang layak untuk hadir dalaam perayaan on-line
1.2.    Jadual Perayaan Pekan Suci di Paroki HKY adalah Minggu Palma, 5 April pk 08.00; Kamis Putih 9 April pk 18.00, Jumat Agung  10 April pk 15.00, Vigili Paska, Sabtu 11 April pk 18.00 dan Paska, 12 April pk 08.00  melalui streaming instragram paroki (@hkytegal) dan chanel Radio Santanta 105 FM atau streaming radio melalui aplikasi di playstore di http://play.google.com/store/apps/detail?id=klikhost.sanantafm.tegal  . Atau Jadual Minggu Palma Keuskupan/ Katedral Minggu Palma pk 08.00 dan 18.00; Kamis Putih pk 18.00, Jumat Agung pk 08.00 (jalan salib), pk 15.00 (Sengsara Yesus), Vigili Paska, pk 18.00 dan Minggu Paska pk 08.00 dan 18.00 melalui chanel live streaming Youtube di http://youtube.com/c/KeuskupanPurwokerto/live.
1.3.    Media/ sarana lain entah TVRI dan streaming Keuskupan-Keuskupan juga dapat diikuti
1.4.    Umat merayakan dengan hati mantab dan tidak berpindah-pindah jalur. Tentu sebelumnya dipastikan tersedianya  hal-hal teknis seperti quota internet/ paket, koneksi  jaringan, dsb.

2.      Untuk sungguh mengalami kesatuan spiritual, disarankan agar umat mengikuti perayaan yang disiarkan langsung dan bukan hasil rekaman.
Penentuan pilihan jadual dan media yang ada menentukan kesatuan spiritual sehingga tidak ada godaan untuk berpindah atau nyambi kegiatan lain.
3.      Untuk yang karena keterbatasan sarana tidak bisa mengikuti perayaan Trihari Suci melalui streaming, dianjurkan untuk membuat ibadat/ doa bersama  dalam keluarga masing-masing atau secara pribadi.
1.1.  Umat perlu menentukan pilihan jam atau jadual seperti jadual paroki HKY.
1.2.  Pada saat bersamaan dengan penyelenggaraan pekan suci, umat dipersilahkan berdoa menggunakan doa yang ada. Doa yang yang ada menggunakan panduan yang akan diberikan terpisah - dan ini sesuai dengan tata urutan doa/ ibadat.
1.3.  Dalam kondisi yang berat misalnya karena sakit, tidak bisa duduk lama maka dapat melakukan dengan doa khusus tanpa menggunakan urutan doa sesuai ibadat pekan suci. Hal demikian juga disampaikan secara terpisah.  


Ketentuan Khusus:
            Ketentuan khusus ini diajukan sebagai pedoman yang bisa digunakan oleh imam dan umat. Ada kemungkinan bahwa ketika umat mengikuti perayaan secara online atau on-air umat menemukan beberapa perbedaan dalam tata cara sesuai dengan chanel yang diikuti. Hal demikian kiranya perlu disikapi secara bijak.

1.      Hari Minggu Palma
a.       Perayaan Minggu Palma dilaksanakan tanpa perarakan mengenang masuknya Yesus ke kota Yerusalem.Perayaan dibuka dengan menggunakan cara ketiga yang ditawarkan dalam Missale Romanum 2002 (no 16-18).
b.      Ritus pembuka terdiri dari antifon yang bisa dinyanyikan atau dibacakan, tanda salib, salam, pernyataan toba dan doa pembuka. Sesudah itu Perayaan Ekaristi dilanjutkan seperti biasa
c.       Kisah Sengsara Tuhan tetap dibacakan.
d.      Perayaan Minggu Palma dilaksanakan pk 08.00 melalui streaming IG, streaming radio Sananta, dan Frekuensi Radio Sananta 105 FM.
Memperhitungkan kepentingan pastoral, maka di paroki HKY akan dilakukan permberkatan daun palma pada awal perayaan minggu palma. Daun palma ini nantinya dapat digunakan untuk upacara pembuatan abu pada perayaan rabu tahun depan.

2.      Kamis Putih
a.       Perayaan ekaristi mengenangkan Perjamuan Tuhan dilaksanakan pada pukul 18.00 WIB. Disiarkan streaming melalui IG paroki @hkytegal, dan streaming radio sananta dan chanel Radio Sananta 105 FM
b.      Tidak ada pembasuhan kaki.
c.       Pada akhir misa tidak ada prosesi, Sakramen Mahakudus disimpan dalam tabernakel dan
tidak ada tuguran yang melibatkan umat

Paroki HKY melakukan perayaan dengan upacara pada umumnya : pembuka, salam , doa pembuka, liturgi sabda, dan dilanjutkan liturgi ekaristi.  Tuguran tidak dilaksanakan dalam upacara ini. Namun umat secara pribadi dapat hadir dalam kapel adorasi untuk melakukan adorasi pribadi dengan tentu mengingat standar prosedur yang berlaku yang ditetapkan (keluar rumah untuk keperluan penting; jaga jarak, cuci tangan/ handsanitazer, hindari kerumuman).

3.      Jumat Agung
a.       Ibadat Jumat agung mengenang Sengsara Tuhan dilaksanakan pada pukul 15.00 melalui IG paroki, streaming radio Sananta Tegal
b.      Dalam doa umat akan ditambahkan doa untuk orang sakit, meninggal dan dalam situasi malang yang didoakan dalam urutan terakhir doa umat meriah.
c.       Penghormatan salib dilaksanakan dengan membuka selubung salib di tempat sebab tidak ada prosesi membawa salib dari belakang. Sesudah penghormatan salib diletakkan di tempat yang sesuai.
Paroki HKY akan memulai ibadat dengan keheningan, imam tengkurap, lalu dilanjutkan dengan ibadat sabda dan pembacaan pasio oleh imam, dilanjutkan dengan doa umat meriah, dan penghormatan salib. Salib diletakkan di depan altar dan melakukan penghormatan sebanyak 3x. dilanjutkan dengan penerimaan komuni dan berkat penutup.

4.      Vigili Paska:
a.       Vigili Paskah dilaksanakan pk 18.00 melalui IG paroki, streaming radio Sananta Tegal dan Frekuensi 105 FM
b.      Tidak ada upacara cahaya dan prosesi lilin Paska. Setelah tanda salib, salam, pengantar lalu lilin paskah dinyalakan dan dilanjutkan eksultet. Sesudah itu perayaan seperti biasa mengikuti ketentuan vigili paskah.
c.       Dalam Liturgi baptis, hanya dilaksanakan pembaharuan baptis, tanpa pemberkatan air suci dan air baptis.
Paroki HKY mengikuti pedoman demikian: lagu pembuka, tanda salib, salam dan pengantar, penyalaan lilin paska oleh imam dan pujian eksultet oleh imam, bacaan-bacaan dan kemudian pembaharuan janji baptis, dan liturgi ekaristi sampai berkat penutup. Pada upacara ini umat tidak diwajibkan untuk mengikuti pujian exultet dan pembaharuan janji baptis dengan memegang lilin menyala. Namun bila mau mengusahakan sebagai bentuk tindakan iman yang bertujuan semakin khusyuk dalam beribadah patut dipuji.

5.      Minggu Paskah
a.       Minggu Paska dilaksanakan pk 08.00 melalui IG paroki, streaming radio Sananta Tegal
b.      Dirayakan seperti hari minggu lain dengan tambahan ada Pujian Kristus Cahaya dunia 3x di awal dan kemudian dilanjutkan dengan lagu pembuka, dst. Juga ada pembaharuan janji baptis. Umat tidak perlu menggunakan lilin menyala.


            Demikian beberapa ketentuan tentang perayaan Pekan Suci dan aplikasinya di paroki HKY. Mengenai pengumpulan dana APP, masih akan diberikan keterangan lebih lanjut. Hal ini dipertimbangkan dengan mengingat informasi dari keuskupan sebagaimana akan disampaikan.
            Marilah kita tetap setia berdoa. Semoga Tuhan melindungi dan menjaga kita agar wabah ini segera berakhir. Kita tetap dikaruni kesehatan dan kasih untuk berbagi.

           
Tegal, 4 April 2020



Ag Dwiyantoro
Pastor Paroki HKY Tegal 

No comments