Latest News

'

Peduli pada Mereka yang Berdampak Coronavirus

          Paroki Hati Kudus Yesus, melakukan kepedulian pada mereka yang terdampak karena corona virus. Sebagaimana diketahui, aktivitas orang dibatasi. Tinggal di rumah sebagai cara memutus persebaran corona virus ini. Akibatnya orang-orang yang berjuang untuk mendapatkan kehidupan melalui pekerjaan sehari-hari yang berada di jalanan  terkena dampaknya. Terutama mereka yang menjadi tukang becak, penyapu jalan dan para buruh atau pekerja lain.
        Sejak merebaknya wabah ini, paroki melalui tim pelayanan sosial (PSE), sudah mengantisipasi dampak tersebut. Berbagai langkah dilakukan baik langkah edukatif maupun karitatif. Langkah edukatif dilakukan dengan memberikan pendampingan pada para tukang becak, yang selama ini sudah mengikuti program mantab2000 (makan dan tabung 2000 rupiah, setiap sabtu pk 11.00 sampai 13.00 di halaman parkir kendaraan paroki HKY). Mereka datang lalu diajari untuk membersihkan tangan dangan hand sanitizer. Selain itu mereka mendapatkan sebotol sanitizer yang digunakan di perjalanan atau rumah masing-masing serta kesempatan untuk mengisi ulang pada kedatangan berikut (sabtu berikut).
Langkah edukasi lain adalah memberi penjelasan untuk selalu rajin cuci tangan. Juga untuk mengambil jarak dengan orang sekitar (physical distancing).
        Langkah karitatif diberikan dengan memberikan secara rutin makan siang. Periode pertama saat mulai resmi dilakukan pemberlakuan tinggal di rumah saja, maka mereka datang langsung menerima nasi dus/ bungkus, lalu di bawa pulang serta menerima hand sanitizer dan vitamin C atau suplemen penguat daya tahan tubuh. Pada kegiatan ini, para tukang becak dapat mengambil titipan mereka dan tidak perlu membayar 2000 ketika datang. 
         Periode kedua, langkah ditingkatkan lagi dengan memberikan kesempatan refil hand sanitizer, menerima mie instan 5 bungkus untuk tiap orang dan mendapat kupon untuk digunakan pada periode sabtu berikut. Pada periode kedua ini sudah disediakan menu nasi 100 bungkus. Selanjutnya pada periode Sabtu kemarin, 4 April disediakan nasi dus 150 dan beras sumbangan dari kelompok peduli "Tegal mbantu wong Tegal" sebanyak 90 paket @ 7,5kg. Mengingat jumlah tersebut maka ada penambahan paket yang disumbang dari kelompok lingkungan sebesar 5 kg beras. Dan ada telor per bungkus. Kali ini sebelum mengambil bingkisan semua yang datang, karena mendapat kupon dari sabtu sebelumnya, dan beberapa orang yang mendengar diwajibkan untuk mencuci tangan di air mengalir lalu didaftar atau dicek dari daftar nama mereka yang biasa datang pada acara mantab 2000.
        Tidak sampai 2 jam pembagian ini selesai. Ke depan masih akan dibuat paket-paket bingkisan berupa beras, mie, minyak dan kebutuhan lain baik dalam skala mereka yang biasa datang pada mantab 2000 maupun kebutuhan-kebutuhan khusus untuk mereka yang terdampak. Dengan melihat perkembangan ke depan pelayanan ini masih akan terus ditingkatkan baik kuantitas maupun jangkuannya. Termasuk rencana pembagian masker, refil hand sanitizer dan pemberian vitamin.
       Bantuan taktis bagi mereka yang berdampak ini juga sudah dialokasikan dari pos dana sosial paroki HKY dan juga peluang sumbangan dari umat lewat rekening paroki untuk covid-19. Sebagian partisipasi umat untuk bantuan ini diterima melalui rekening BCA a.n. Keuskupan Purwokerto dengan no 047 071 7271 (rekening milik paroki Hati Kudus Yesus Tegal). Bagi mau berpartisipasi dapat menyalurkannya dengan menambahkan angka 01 pada nominal yang dikirimkan. Misal Rp 100.000 maka dituliskan Rp 100.001.  Selain untuk kepentingan taktis dalam penanganan di sekitar kota Tegal, sumbangan ini juga akan disalurkan ke Keuskupan (via penanggungjawab Karito) untuk keperluan bantuan corona virus.




No comments