Latest News

'

Potret Partisipasi Umat HKY dan Pemenang dalam Quis KS Coronavirus

           Partisipasi Umat Hati Kudus dalam kegiatan selama ada wabah coronavirus patut diapresiasi. Paroki menyelenggarakan quis KS menjelang Pekan Suci dan pada Saat Pekan Suci. Kedua quis dibuat dengan tujuan yang berbeda. Quis Menjelang Pekan suci dibuat untuk membantu umat mempersiapkan secara batin agar masuk dalam pekan suci. Sedangkan Quis Tri Hari Suci dimaksudkan agar umat dapat membaca KS selama merenungkan hari Kematian Yesus sampai dengan Kebangkitan-Nya. Quis Trihari Suci memang dibuat memiliki bobot lebih susah dibandingkan yang sebelumnya.
            Untuk Quis Jelang Pekan Suci, umat yang terlibat sebanyak 151 orang (pengisi quis). Dari jumlah demikian  lingkungan Albertus 5, Andreas 22, Banjaran 13, Benediktus 9, CB 4, FX 3, Maria 16, Markus 4, Mateus 12, Mikael 12, Petrus 11, Teresa 8, Valentinus 1, Yakobus 8 dan Yusup 2 serta  non-HKY ada 20 pengisi. Jumlah demikian ternyata berdasarkan jumlah waktu pengisian karena ada beberapa orang yang mengisi ulang beberapa kali.  Hal ini dapat dibandingkan dengan jumlah partisipasi warga untuk Quis Tri Hari Suci. Ada 117 pengisi quis. Mereka terdiri dari: Albertus 3, Andreas 14, Banjaran 13, Benediktus 6, CB kosong, FX 5, Maria 7, Markus 2, Mateus 6, Mikael 11, Petrus 12, Teresa 4, Valentinus 0 dan Yakobus 10, Yusup 6 dan dari non HKY ada 19 pengisi.
           Quis yang membutuhkan  banyak waktu karena harus membaca atau membuka KS mendapatkan apresiasi peserta 117. Namun demikian masih ada soal yang paling banyak dilewati. Itu tampak dari  pertanyaan yang tidak dijawab:
 Pertanyaan no 5. Jumlah tahapan pengadilan Pilatus kepada Yesus di hadapan orang banyak dilewati oleh 34 orang. Pertanyaan 6. Saat mengucapkan katga-kata berikut Pilatus mengucapkannya di kursi pengadilan dan pada waktu pulul berapa tidak dijawab oleh 58 orang dan pertanyaan 18. Kata-kata Yesus yang terakhir kepada Petrus pada saat penampakannya tidak dikerjakan oleh 45 orang.
            Menariknya lagi dari jumlah yang berpartisipasi untuk Quis ini dari umur dapat dilihat pada gambar berikut.


            Mengingat partisipasi dan kondisi corona virus ini, maka kegiatan ini masih bisa dimanfaatkan sebagai kegiatan positif dalam kegiatan menggereja. Pemberitahuan agar umat terlibat lewat lingkungan masing-masing patut terus digencarkan. Beberapa kemungkinan ketiadaan partisipasi karena informasi tentang quis ini tidak diteruskan dan link pengisian quis juga tidak diteruskan kepada sesama umat.
            Dan sesuai dengan informasi yang sejak awal disampaikan dalam quis bahwa ada apresiasi atas partisipasi ini maka diumumkan untuk mereka yang mendapatkan hadiah. Pemenang ini diambil secara acak baik dari kategori umur, asal lingkungan dan kejujuran dalam pengisian quis (tidak beberapa kali mengisi).
Berikut untuk yang terundi mendapatkan hadiah untuk kategori;
Quis Jelang Pekan Suci adalah :
1. Caithlyn Lee Marvela (lingkungan Mikael < 14 th)
2. Wiwik Setyawati (lingkungan Albertus > 60th)
Quis Tri Hari Suci adalah :
1. Duta (dari Lingkungan Benediktus, usia < 14 th) dan
2. Mustika Hadi Pranoto (lingkungan Petrus - usia 36-60th).
            Hadiah dapat diambil di paroki pada waktu yang memungkinkan.





No comments