Latest News

'

Kita Ada Bersama Mereka, Tanggap Bencana Covid 19

pemberian bingkisan langsung kepada yang terdampak, dari tim darurat covid HKY

KITA ADA BERSAMA MEREKA



    “Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita dan menangislah dengan mereka yang menangis” (Roma 12:15)

       Dunia kini tengah berduka, dunia yang cepat bergerak kini seolah melambat dengan keterbatasannya, manusia yang pernah bangga dengan kebebasannya seolah kini tengah diam dan dipaksa bersembunyi dalam rumahnya, dan dunia yang penuh dengan geliat seolah sekarang tengah terdiam lesu dengan raut prihatin penuh duka. Hari demi hari ketakutan seolah jadi nada dasar yang terus berlomba dengan semakin naiknya angka terjangkit Virus Corona. 
        Situasi ini mau tidak mau menimbulkan evek negatif bagi pergerakan ekonomi, aktifitas perdagangan, sekolah, dan bahkan perkatoran. Ada banyak dari antara saudara- saudari kita yang seolah harus terpenjara dalam ketidakberdayaan karena tak ada pendapatan yang mereka peroleh. Pemasukan harian yang biasanya juga hanya cukup untuk keperluan sehari itu, kini sama sekali tak masuk kantong mereka; padahal dapur keluarga harus tetap ngebul; mengisi perut anak-anak yang dua puluh empat jam kini harus ada di rumah. Tak ada lagi rasa lain, selain sedih yang mereka rasakan karena tak mampu memberi lembaran Rupiah pada keluarga yang sudah seharusnya jadi rutinitas hariannya.
        Menanggapi situasi dunia kini, kita tak boleh hanya jadi penonton; duduk diam sambil sesekali mengelus dada lambang prihatin dan belarasa. Kita harus ada bersama mereka, tapi bukan tangis yang harus diberi; mereka sudah lebih dulu menangis karena ini. Kita harus ada dalam duka mereka dan memberikan sedikit tenaga yang kita punya, menyumbangkan sebagian dari yang ada, dan dengan kasih membagikannya penuh bahagia karena itu yang kini harus ditularkan pada mereka. 
pemberian bantuan dalam kerjasama dg Polsek Tegal Barat
       Melalui banyak umat dan lingkungan yang mau terlibat dalam sumbangan, entah itu dalam bentuk dana ataupun barang kebutuhan pokok, Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Tegal berusaha untuk ada bersama mereka memberikan apa yang kita punya dan yang kita bisa. Sasaran utama dari Program kasih ini adalah saudara-saudari kita yang selama ini mendapatkan pengsailan secara harian namun kini terhenti karena merebaknya virus corona. Bantuan sudah diberikan sejak tanggal 04 April 2020 dengan sasaran utama Tukang Becak yang selama ini kita layani dalama Program Mantap 2000, lalu pada tanggal 11 April 2020 kita mencoba untuk menambah kuota pembagian sembako pada
warga sekitar Gereja walau dalam jumlah yang masih terbatas.
         Gereja kita masih akan terus ada bersama saudari-saudara kita yang tengah sengsara karena corona, seiring dengan makin banyaknya tangan penuh kasih yang juga mengulurkan kasihnya melalui sumbangan yang ada. Terakhir pada hari Senin tanggal 15 April 2020 Gereja menyalurkan kasih ini melalui pembagian makan siang pada Driver Ojek On line dan Sembako yang langsung diantrakan di jalan-jalan.
        Keprihatinan Dunia mungkin masih akan berlangsung lama, walau kita semua berharap pandemi ini akan segera sirna; namun apa mau dikata mungkin kita masih harus ada dalam situasi ini secara bersama-sama sambil terus bergandengan tangan kita. Para Dokter dan Tenaga medis ada di Gardanya sendiri, Pemerintah Berdiri sebagai penjaga kita semua, mari kita juga ambil bagian dalam garda kita; membuka hati, bagi mereka yang juga terdampak karena virus corona. Tali kasih anda berapapun jumlahnya, akan jadi sangat bermakna bagi saudari-saudara kita yang membutuhkannya. (seperti dinarasikan oleh  Rm Juhas Irawan sendiri)

No comments