Latest News

'

Pleno DPP HKY ada Yel-Yel



     Paroki HKY menyelenggarakan Pleno DPP kedua pada hari Kamis, 9 Januari 2020. Bertempat di aula karya kasih, Pleno diawali dengan makan malam (18.30 - 19.00), dilanjutkan doa pembuka dan sambutan oleh Rm Vikaris yaitu Rm Markus Juhas Irawan. (19.00 sd 19.10),. Kemudian dilanjutkan pengantar Pleno oleh Rm paroki (19.10 sd 20.05). Kemudian diskusi bidang-bidang (sd 21.00) dan presentasi lalu penutup. Yang berkembang dalam pleno kali ini adalah kehadiran ketua lingkungan dan kategorial. Sebelumnya (Pleno 1) tidak ada penegasan tentang kehadiran para kaling dan kategorial. Mengingat kepentingan dan iklim yang akan dibangun maka para kaling dan kategorial diundang.
            Pleno ini dipersiapkan oleh pengurus harian DPP. Di paroki HKY disebut pengurus inti. Yang disiapkan sebelum pleno adalah notulensi pertemuan Pleno 1. Laporan bidang yang masuk adalah bidang liturgi, persekutuan dan pewartaa serta dinamika Pleno 1. Juga ada bahan-bahan seperti pengolahan data sensus umat. Kemudian pula disiapkan panduan matrik/ rancangan program 2020 dan bahan presentasi. 
       Dalam pengantar, Rm Paroki menyatakan tentang syarat berdirinya paroki dengan menekankan tata penggembalaan, tata kelola harta benda keuangan serta tata kelola admnistratif. Perihal pelayanan disebutkan pula apakah untuk pelayanan ini hanya menjadi tanggungjawab bidang pelayanan atau masuk dalam semangat dan sistem pelayanan serta sumber daya-nya. Jumlah umat berdata pada bulan Desember 2019 adalah 2.200 orang. Dan ada potensi penggarapan untuk lansia sekitar 200 jiwa. Ini mendorong pengurus merancang kegiatan  yang bermanfaat untuk kategori usia tersebut. 
            Yang berbeda dari pleno sebelumnya, dalam Pleno 2 ini ada perubahan suasana duduk, dengan cara mengitari bangku dan lebih duduk merapat sedangkan sebelumnya berjajar seperti rekoleksi atau kegiatan lain. Ada juga spontanitas berupa yel yang ditampilkan oleh tiap bidang sebelum menyampaikan hasil diskusi kelompok. Misalnya dari bidang harta benda keuangan dan rumah tangga menyebutkan "duit..duit..duit.. cua" sembil tangan  menggesek jari jempol dan telunjuk serta menunjuk pada saku baju. Selain itu juga ada nyanyian. 
        Prioritas program 2020 adalah "pengamalan iman dalam pelayanan". Tambahan pula ada penjelasan tentang cashflow keuangan paroki HKY. Dipresentasikan peta keuangan ini agar dapat menjadi gambaran untuk mengangkat pertisipasi umat. Pertemuan masih akan ditindaklanjuti dengan Pleno 3 dengan agenda pokok time schedule program dpp dan pemantaban program. Rencana Pleno 3 pada Selasa, 14 Januari 2020. 



No comments