Breaking News

Renungan 19 Maret 2019: HR St. Yusuf, suami Maria


“Menurut silsilah Yesus Kristus, Yakub memperanakkan Yusuf, suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.” (Mat 1:16).

Yusup  atau Yosep adalah nama terakhir yang disebut dalam silsilah Bapa leluhur Yesus. Nama ini dikaitkan dengan Maria. Namun silsilah urutan dari Yakub sampai terakhir ini menjaga amanah Firman Tuhan. Segala silsilah dinubuatkan atau disebutkan karena Firman Tuhan termasuk mereka yang asing dan memiliki kehidupan yang tidak sempurna. Yosep juga melakukan apa yang di firmankan Tuhan. Ia mengambil Maria menjadi istrinya dan menjadi Bapa bagi Yesus. Hidupnya dalam kesetiaan pada sabda Tuhan. Apa yang istimewa dalam masa prapaskah ini sehingga seperti berhenti sejenak dari suasana Prapaska untuk merayakan hari raya? Yang istimewa adalah hidup dengan senantiasa mendengarkan Firman Tuhan. Ayo belajar mendengarkan FirmanNya.

Pernah ada kejadian di suatu gereja  saat ada rombongan mahasiswa yang ikut perayaan Ekaristi karena sedang ziarah dan rekreasi, tiba-tiba ada yang berseru, “beri saya ayat emas dari Firman Tuhan”. Yang saya tahu ia maju komuni saat Ekaristi dan rasanya janggal mendengar ucapannya itu. Namun itulah yang mengingatkan bahwa firman itu berbicara. Saya sebut salah satu ayat favorit yaitu Rom 12:12, “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!”

Semoga teladan St. Yosep meneguhkan iman kita.


Rm. Ag. Dwiyantoro

No comments