Breaking News

Renungan 24 September 2018, Luk 8:16-18


"Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur tetapi menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya." (Luk 8:16)

Semua orang membutuhkan sinar cahaya untuk menjalani hidupnya dengan baik. Karena itu sinar cahaya itu perlu dihadirkan untuk kita semua. 

Perikop Injil hari ini mengajak kita untuk menjadi terang bagi dunia yang membutuhkannya. Dan sinar terang yang harus kita berikan kepada dunia itu adalah terang Kristus sendiri yang sudah ada dalam diri kita sejak kita menerima sakramen baptis. Dalam Injil hari ini ditegaskan bahwa ketika kita menyalakan terang Kristus di dalam hati kita, secara otomatis terang Kristus yang ada dalam diri kita itu akan bersinar kepada orang lain. Yesus berkata, "Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya...". Dengan kata lain, jika kita tidak menyinarkan terang Kristus kepada orang lain, hal itu bukan karena kita menyembunyikan Kristus tapi karena hati kita tidak memiliki terang Kristus itu. Jika Kristus ada di hati kita, terangNya tak mungkin tersimpan saja di hati. Dia pasti memancar ke luar melalui hidup kita.

Maka persoalan dasarnya adalah mengenai masalah relasi kita dengan Kristus itu sendiri. Jika Yesus itu hidup di dalam diri kita, maka hidup kita pun akan menyinarkan Kristus. Orang-orang di sekitar kita akan merasakan pengaruh atau efek dari hubungan kita dengan Kristus itu. Kristus akan bersinar melalui hidup kita untuk orang lain.

Apa pengaruh yang telah kita berikan kepada orang lain? Apakah kita mampu menunjukkan kasih Kristus itu kepada sesama? Apakah orang-orang di sekitar kita telah melihat kebaikan kita? 

Jika ternyata kita belum mampu menunjukkan kebaikan Kristus kepada sesama, lihatlah ke dalam hati kita sendiri dan nyalakanlah api cinta kasih Kristus dalam hati kita agar kita pun akhirnya mampu menjadi terang bagi sesama. Tuhan memberkati kita semua.

(Rm Y. Suratman)

No comments