Latest News

'

Kunjungan FKUB ke Rumah-rumah Ibadat Memantau Perkembangan Covid 19

Silahturahmi FKUB Kota Tegal ke Rumah Ibadah


          Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Tegal, menggelar Kunjungan ke rumah ibadah. Kunjungan diawali di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Tegal, Sabtu 16 Mei pk 15.30. Kunjungan ini diikuti oleh semua anggota FKUB kota Tegal.
          "Kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman semua untuk kegiatan bersama ini." Ungkap bp H Suwarso, selaku ketua FKUB Kota Tegal membuka kesempatan kunjungan ini. "Kepada Romo Hati Kudus Yesus, selain kegiatan ini untuk mempererat persaudaraan juga kami ingin mendengar bagaimana kelangsungan program PSBB berjalan khususnya untuk umat beragama."
          Kunjungan ini digelar dalam rangka mengetahui perkembangan kegaitan peribadatan selama pandemi covid 19 dan bagaimana kelangsungannya setelah ada relaksasi PSBB di kota Tegal.  Sebagaimana diketahui bahwa pandemi corona ini mengingatkan bersama akan pentingnya mencuci tangan, memakai masker dan sosial distancing. FKUB juga membuat ajakan atau himbauan untuk mengikuti protokol kesehatan.
         "Kami berterima kasih kepada para pengurus FKUB Kota Tegal, yang sore ini bersafari untuk melihat lebih lanjut bagaiamana keadaan penanganan covid 19." Demikian sapa, Rm Toro selaku romo paroki yang menyambut kehadiran FKUB."Kami informasikan bahwa kegiatan keagamaan di Gereja Katolik itu mengikuti dua protokol yaitu pemerintah dan Keuskupan. Sejak dinyatakannya covid 19 dan berlaku protokol kesehatan, kami sudah hampir 2 bulan ini tidak menyelenggarakan kegiatan ibadat yang dihadiri oleh umat beriman. Nantinya meskipun PSBB sudah dicabut dan diijinkan menyelenggarakan ibadah secara publik, kami masih akan mengikuti protokol keuskupan. Keuskupan menetapkannya sampai 31 Mei. Dan moga-moga pandemi ini yang sejatinya mengubah kehidupan menuju penataan baru kemanusiaan kita, akan diikuti pula oleh langkah-langkah yang mendukung pola hidup sehat. Kami akan anjurkan pada umat untuk menggunakan kesempatan ini adanya pandemi ini untuk meningkatkan kehidupan sosial kami." Romo toro yang didampingi oleh Rm Juhas dan bp Tony, selaku penanggungjawab urusan hubungan antar umat beragama dan kepercayaan, mengisahkan kegiatan di gereja Katolik.
          Usai kunjungan di gereja HKY ini, akan berlanjut ke Gereja Betel, jl Asem Tiga, Kemudian ke semua rumah ibadah lain bila waktunya memungkinkan.
          "Dengan adanya kunjungan ini, bukan hanya mempererat persaudaraan tetapi juga jadi momen yang baik di kota Tegal yang sekarang ini status covid 19-nya "hijau" akan membuat suasana tambah adem. Program pemerintah kota Tegal perlu diapresiasi, dengan tetap tidak pernah lengah akan bahaya yang bisa mengancam lagi, mengingat daerah-daerah di sekitar kota Tegal belum "hijau". Demikian ungkap pak Toni, yang kemudian berpamitan, setelah para pengurus FKUB melanjutkan kunjungan ke rumah ibadah berikutnya.



No comments