Breaking News

Peran Umat dalam Kelestarian Lingkungan Hidup






"Sebagai umat beriman kita diajak untuk menjaga kelestarian alam kita. Krisis lingkungan hidup menjadi tanggungjawab bersama. Cara-cara bisa dilakukan mulai dari yang sederhana sampai pada tingkat kelompok, kelembagaan dan perundangan," Demikian peneguhan romo paroki dalam kesempatan sosialisasi BKSN Paroki Hati Kudus Yesus.
Bertempat di aula karya kasih, sejumlah pengurus lingkungan ditambah dengan empat (4) pemandu di tiap lingkungan, mengikuti pertemuan tersebut. Lebih lanjut dikatakan, "Dalam regulasi peraturan daerah kota Tegal, misalnya, disebutkan yang tidak memiliki tempat pembuangan sampah di depan rumah bisa dikenakan denda Rp 125.000. Sedangkan yang kedapatan membuang sampah sembarangan atau tidak di TPS bisa didenda Rp 250.000. Maka kalau sudah ada regulasi maka kita semua ikut berperan membangun budaya bersih."
Kegiatan sosialisasi itu sendiri dilaksanakan oleh tim Katekese paroki. Sebelumnya mereka telah menerima sosialisasi di Keuskupan. Baik tentang bahan-bahan yang akan didalami oleh masing-masing kelompok maupun tata perayaan liturginya, paroki menyambut antusias kegiatan tersebut yang sedianya disepakati untuk menjadikan hari Senin sebagai hari lingkungan. Empat pemandu tiap- lingkunan yang datang dapat saling berbagi nantinya di tiap lingkungannya.

No comments