Breaking News

Renungan 21 Desember 2018, Luk 1:39-45


Dan berbahagialah ia yang telah percaya sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan akan terlaksana (Luk 1,45).

Maria dan Elisabet adalah dua perempuan yang tidak pernah dipandang akan menjadi pembawa perubahan bagi dunia. Elisabet adalah seorang perempuan yang sudah lanjut usia dan mandul sementara Maria adalah seorang perawan sederhana dari sebuah desa yang jauh dari pusat kekuasaan. Mereka hanya akan menjadi bagian dari masyarakat biasa.

Namun apa yang di mata dunia itu dianggap biasa-biasa saja, ternyata mereka dipilih oleh Allah untuk ikut ambil bagian dalam karya keselamatanNya. Elisabet melahirkan Yohanes yang berperan mempersiapkan kedatangan Tuhan. Maria melahirkan Yesus, Sang Juruselamat dunia. Ternyata mereka adalah para wanita yang revolusioner karena membawa pembaharuan bagi dunia. Sungguh ajaib karya Tuhan itu. Dan keajaiban ini dapat terjadi selain karena kebaikan Allah tapi juga karena IMAN dari pihak manusia. Lukas menggarisbawahi peran IMAN itu: "Dan berbahagialah ia yang telah percaya sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan akan terlaksana". 

Agustinus mengatakan bahwa Maria itu dipuji bahagia bukan pertama-tama karena menjadi ibu Yesus secara biologis tapi karena ia menerima Yesus dalam hati atau dalam iman. Karena percaya, Allah pun berkenan tinggal di dalam rahimnya. Iman atau percaya memiliki daya kekuatan yang membuat segala sesuatu menjadi mungkin. 

Perjumpaan Maria dan Elisabet dalam kisah Injil ini merupakan perjumpaan dari dua wanita yang memiliki pengalaman iman yang sama. Mereka adalah orang-orang yang telah mengalami Allah. Dan mereka ingin saling berbagi sukacita yang telah mereka alami itu. 

Pengalaman iman Maria dan Elisabet itu mengingatkan kita mengenai apa yang paling penting dalam perayaan natal itu. Kita akan menyambut kelahiran Yesus dan melihatNya di palungan. Apakah kehadiranNya itu akan membuat kita makin beriman dan menggerakkan kita juga untuk mau berbagi dengan sukacita? 

(Rm Y. Suratman)

No comments