Breaking News

Estafet Salib IYD 2012


Gereja Hati Kudus Yesus Tegal pada misa sabtu sore, 1 September 2012, dipenuhi umat. Tampak anak-anak muda berpakaian batik duduk di barisan depan. Orang Muda Katolik (OMK) Tegal hari ini menyambut estafet salib Indonesian Youth Day (IYD), setelah selama 15 hari singgah di paroki Brebes.

Perayaan Ekaristi diawali dengan perarakan Kitab Suci untuk membuka bulan kitab suci nasional. Setelah bacaan injil, prosesi serah terima salib dimulai... Lampu gereja dimatikan. Paduan suara Gempita dari SMA Pius menyanyikan lagu You Raise Me Up. Salib IYD pun diarak dari belakang menuju depan altar oleh teman-teman OMK dari paroki Brebes. Setiap kali maju selangkah, teman-teman OMK Tegal yang berdiri menjadi pagar betis menyalakan lilin demi satu.. Dengan ini mereka melambangkan bahwa Yesus Kristus yang hadir dalam salib IYD menyalakan terang di tengah kegelapan, menyalakan api semangat orang muda untuk menjadi saksi Kristus di tengah dunia. Salib kemudian diterima romo, dan dipasrahkan pada OMK Hati Kudus Yesus Tegal.

Seusai misa, teman teman OMK Tegal menyambut teman teman OMK Brebes dengan makan bakso dan makanan minuman sederhana. Selain itu ada banyak teman muda yang nyanyi-nyanyi dan menari-nari bersama. OMK Brebes juga diundang untuk berbagi cerita tentang kegiatan yang mereka buat selama menjadi tuan rumah salib IYD. Mereka bercerita tentang kegiatan camping rohani, dan doa setiap hari secara bergiliran di depan salib IYD. Ketika ditanya soal kesan mereka atas penyambutan salib IYD di Tegal, mereka mengatakan kagum karena sungguh dipersiapkan. Acara kebersamaan ditutup sekitar jam sembilan malam dengan doa dan berkat, kemudian menyanyi bersama.

Terimakasih untuk kehadiran teman teman OMK Brebes, kebaikan hati umat dan pemerhati OMK baik Brebes maupun Tegal, Romo Paroki Hati Kudus Yesus Tegal, dan terutama teman teman OMK Tegal yang akan semakin bernyala nyala semangatnya karena salib IYD yang tinggal bersama mereka. 


Reportase Rm Frans Kristiadi Pr

Artikel ini sudah dimuat di http://recinology.blogspot.com/2012_09_01_archive.html

No comments